Developmental Research (Penelitian Pengembangan)

Penelitian pengembangan atau dalam bahasa Inggris developmental research merupakan salah satu paradigma penelitian yang tergolong baru di Indonesia. Namun demikian, di negara-negara maju paradigma penelitian tersebut sudah lama diterapkan guna merancang dan mengembangkan suatu model tertentu sesuai dengan tujuan yang diharapkan, termasuk dalam pengembangan model penelitian pendidikan (Upu, 2005).

Freudenthal (1991: 161), mengemukakan makna “developmental research” yakni:

experiencing the cyclic process of development and research so consciously, and reporting on it so candidly that it justifies itself, and that this experience can be transmitted to others to become like their own experience.

 

Penelitian pengembangan bertujuan menghasilkan dan mengembangkan produk berupa prototipe, desain, materi pembelajaran, media alat atau strategi pembelajaran, untuk mengatasi masalah. Penelitian pengembangan bukan untuk menguji teori, namun menguji dan menyempurnakan produk.

Menurut Sudjana (dalam Trianto, 2007), untuk melaksanakan pengembangan perangkat pembelajaran diperlukan model-model pengembangan yang sesuai dengan sistem pendidikan. Model adalah seperangkat prosedur yang berurutan untuk menunjukkan suatu proses, seperti penilaian suatu kebutuhan, pemilihan media, dan evaluasi. Sesuai dengan pengertian tersebut, maka model pengembangan adalah seperangkat prosedur yang berurutan untuk melaksanakan pengembangan pembelajaran.

References:

Freudenthal, H. 1991. Revisiting Mathematics Education. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Upu, H. 2005. Karakteristik Research and Development(R & D). Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika Matematika Edisi Khusus, Januari 2005 FMIPA UNM, halaman 1-3.

One comment on “Developmental Research (Penelitian Pengembangan)

  1. saya senang akan artikel blog ini,

Leave a comment