Sekilas Tentang Konsep Bilingual

Kajian tentang bilingual adalah sebuah hal baru di negara kita. Istilah ini mulai dikenal dan dipelajari sejak diadakannya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Namun, bilingual atau bilingual education tanpa disadari pada dasarnya telah lama dipraktekkan di negara kita. Menurut Wei (2000), pada kenyataannya satu dari tiga populasi manusia di dunia menggunakan dua atau lebih jenis bahasa secara terus menerus untuk bekerja, hidup berkeluarga, dan bersantai. Bahkan ada lebih banyak orang yang menggunakan bahasa yang tidak beraturan dibandingkan dengan bahasa aslinya sendiri; seperti contoh; banyak orang telah mepelajari bahasa asing di sekolah dan adakalanya digunakan untuk tujuan tertentu. Sedangkan King (2007: v) mengemukakan bahwa,

all babies are born into this world with a gift for language learning. Because of this gift, millions of young children from all around the word routinely become bilingual, and so can yours. No matter what your own language background and situation is, your child deserves-and can benefit from-all of the advantages that come with knowing more than one language. This is a special gift that you can begin to give your child from day one.

Definisi tentang bilingual atau bilingual education telah banyak dipaparkan oleh para ahli. Menurut Wei (2000: 6), “The word ‘bilingual’ primaliry describes someone with the possession of two language.” Sedangkan Cohen (Resmi, 2007: 7), berpendapat bahwa “Bilingual education is the use of two languages as media of instruction for a chid or group of children in part or all of the school curriculum.”

Berdasarkan pendapat para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa bilingual atau pendidikan bilingual adalah pendidikan yang menggunakan dua bahasa sebagai media dalam proses pembelajaran. Di sekolah SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional program bilingual tidak diterapkan pada semua mata pelajaran, tetapi hanya pada mata pelajaran tertentu seperti MIPA (Matematika, dan Ilmu pengetahuan Alam) dan hanya pada kelas tertentu saja.

References:

King, K., & Mackey, A. 2007. The Bilingual Edge. Australia: HarperCollins Publishers Pty. Ltd.

Resmi. 2007. Studi Tentang Penerapan Bilingual pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Wei, L. 2000. The Bilingualism Reader. London: Routledge.

2 comments on “Sekilas Tentang Konsep Bilingual

    • Bustang Buhari says:

      This article describes about teaching and learning in bilingual classroom. it’s very limited explanation. But, I’ll put a little bit more in the future.
      This blog is still under construction.
      Thanks for your comment, then.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s