Bermain Geometri dengan Puzzle “Hatching The Egg”

Kita semua sudah mengetahui bahwa anak-anak begitu senang dan menikmati permainan. Pengalaman telah membuktikan bahwa permainan dapat menjadi aktivitas pembelajaran yang sangat produktif. Ketika kita ingin menggunakan permainan dalam pembelajaran matematika, maka seorang pendidik atau guru harus mampu membedakan antara permainan dan aktivitas. Sebagai salah satu bentuk permainan yang banyak digemari oleh anak-anak, puzzle dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan matematika khususnya bagi anak-anak. Dengan mengajarkan matematika melalui aktivitas bermain, anak-anak dapat lebih aktif dan merasa senang melakukannya. Selain itu, rasa ingin tahu mereka semakin meningkat seiring dengan meningkatnya tingkat kesulitan permainan tersebut.

Salah satu bentuk puzzle yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah Hatching The Egg. Sesuai dengan namanya, permainan puzzle ini erat kaitannya dengan telur dan burung. Sudah merupakan hal yang diketahui oleh banyak orang bahwa burung berasal dari telur. Oleh karena itu, sudah pasti tidak mengejutkan lagi jika sebuah puzzle telur yang dipisah-pisah ternyata dapat disusun kembali menjadi salah satu bentuk burung yang ada di bawah ini:

Cara Membuat Puzzle

Gambarlah sebuah lingkaran dengan jari-jari 4 cm dan diameter AB dan HJ. Kemudian tariklah garis AH dan HB dan kemudian diperpanjang sampai kedua garis tersebut bertemu pada satu titik (misal titik H). Dengan jari-jari dari perpanjangan garis AH dan HB, meudian dibuat lingkaran kecil. Garis AH dan Hb kemudian diperpanjang dan memotong lingkaran kecil tersebut di titik C dan D. Titik A dan C serta titik B dan D dihubungkan dengan busur BD dan AC. Dengan jari-jari sepanjang CH (atau HD), buatlah lingkaran yang menyinggung lingkaran besar pertama pada sebuah titik J. Lingkaran kecil kedua ini berpusat pada titik E dengan jari-jari memotong diameter AB pada titik F (FE) dan G (GE). Maka, jadilah sebuah telur yang nantinya akan dipotong menjadi bagian-bagian kecil seperti pada gambar di bawah ini:

 

Puzzle ini merupakan permainan yang akan menantang siswa untuk menyusun dengan tepat 10 potong bagian telur dan membentuk berbagai macam bentuk burung. Dengan melakukan aktivitas tersebut, maka akan melatih kemampuan visualisasi spasial siswa sambil membangun ketekunan mereka dalam memecahkan masalah. Kemampuan visualisasi spasial dan mengungkapkan alasan merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran geometri. Selain itu, menyusun puzzle merupakan salah satu bentuk aktivitas yang mendukung pemahaman siswa akan geometri. Dari tiga aspek dalam belajar geometri yakni: orientasi, konstruksi, dan operasi, puzzle Hatching the Egg sangat sesuai dengan aspek konstruksi yang mendukung pemahaman siswa dalam merekonstruksi bentuk geometri yang merupakan domain matematika tingkat tinggi.

Sebelum mereka membentuk suatu bentuk dari potongan-potongan tersebut, terlebih dahulu mereka harus membayangkan seperti apa bentuk tersebut. Salah satu hal yang penting dalam pendidikan adalah bahwa siswa diberikan kesempatan untuk membangun pemikiran mereka sendiri. Hal ini berarti bahwa siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki suatu objek real atau gambar atau bentuk dari objek real tersebut.

Puzzle Hatching the Egg ada setelah munculnya “Maggic Egg” puzzle di dalam buku yang ditulis oleh Pieter van Delft dan Jack Botermans berjudul “Creative Puzzles of the World” yang diterbitkan oleh Key Curriculum Press, Berkeley, CA pada tahun 1993. Maggic Egg merupakan salah satu dari sekian banyak puzzle yang bermacam-macam yang ditulis di dalam buku tersebut. Seperti puzzle-puzzle pada umumnya, potongan-potongan dari telur tersebut dapat diletakkan dengan berbagai macam cara sehingga diperoleh bentuk yang menarik dan dapat dikenali. Pada puzzle Hatching the Egg, lebih dari 50 jenis bentuk burung dapat dibentuk.Oleh karena itu, puzzle tersebut dapat terus disusun untuk memperoleh hasil atau bentuk burung sebanyak-banyaknya.

Sebaiknya, dalam mengerjakan puzzle tersebut siswa bekerja secara individu dan tidak saling memberi tahu hasil yang telah didapat selama waktu yang disepakati agar mereka tetap merasa penasaran dan menikmati indahnya proses menemukan.

Beberapa bentuk yang berhasil saya dan teman-teman temukan selama kurang lebih 30 menit waktu yang diberikan adalah sebagai berikut:

Untuk mencoba puzzle ini, berikut saya berikan file pdf dari puzzle tersebut. Anda dapat menguduhnya lewat link di bawah ini.

Hatching The Egg.pdf

Referensi:

Van Delft, P., & Botermans, J. 1993. Creative Puzzles of The World. Berkeley: Key Curriculum Press.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s